Desa Sumberpasir

- Malang

Kantor :
  • Alamat : Jl. Raya Sumberpasir no. 191
  • Website : sumberpasir-malangkab.desa.id
  • Kode Pos : 65154
  • No.Telp : -

Tentang Kami :

Desa Sumberpasir merupakan salah satu desa yang berada pada Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Desa ini terkenal dengan tempat persawahan yang sangat luas dan hampir di semua wilayah Sumberpasir terdapat persawahan. Berdasarkan cerita masyarakat pada zaman dahulu nama Desa Sumberpasir berasal dari kondisi lahan desa yang sepanjang sungainya banyak mengandung pasir, sehingga menjadi tempat sumber penghasilan masyarakat dengan cara menggali pasir.

Selain terkenal atas beberapa daerahnya yang masih alami, masih banyak pesona lain dari desa ini. Sebagai salah satu bentuk usaha untuk memperkenalkan potensi serta pesona Desa Sumberpasir sekaligus menjadi salah satu bentuk produk pengabdian, mahasiswa KKN UM turut ikut serta dalam pembuatan video profil desa. Dalam video ini terdapat beberapa aspek yang akan diinformasikan kepada masyarakat luas mengenai Desa Sumberpasir, seperti pengenalan dusun, potensi, kekayaan alam, tempat wisata, kegiatan ekonomi masyarakat, struktur organisasi, hingga sarana prasarana di Desa Sumberpasir.

Tata pemerintahan Desa Sumberpasir sudah tercatata dalam buku adminitrasi di dalam pemerintahan Negara sejak tahun 1940. dengan riwayat pemimpin disebut Cartaker langsung di tunjuk dari pemerintahan pusat. dalam sejarah Nama kepala desa tercatat di mulai tahun

( 1960-1970 ATMO SUPARTO)

( 1970-1972 JATMIKO )

( 1972-1984 H MACHRUS )

( 1984-1998 H. MACHFUD )

( 1998-2013 MUHDLOR )

( 2013-2019 INDAH PRIBADI S,pi )

( 2019-2025 MUHDLOR )

Pendidikan di dalam desa ada Pondok Pesantren Salafi Qur'an yang sudah bertaraf Nasional. dan ada pula SMK,SMP,SD/MI,TK.

Desa Sumberpasir terdiri dari empat Dusun yaitu Krajan, Ngrangin, Gagakasinan, dan Botoputih. Empat pedukuhan tersebut terdiri dari 32 RT dan 10 RW.