Eksplorasi Kearifan Seni Tradisional Bantengan Maheso Sumber Arum

  • Jul 26, 2024

Kesenian Bantengan merupakan sebuah kesenian tradisional dari Jawa Timur, Indonesia, yang cukup populer terutama di Malang Raya dan Kota Batu. Kesenian ini umumnya dimainkan oleh dua orang yang berperan menjadi kaki banteng. Pemain yang berperan menjadi kaki depan bertanggung jawab untuk memegang dan mengendalikan kepala banteng sedangkan pemain yang menjadi kaki belakang bertanggung jawab mengendalikan tarian banteng. Kostum yang terbuat dari rotan dan dibalut dengan kain hitam, kepala banteng yang terbuat dari kayu, tanduk asli sapi/kerbau, serta alunan musik dangdut yang telah dimodifikasi menjadi ciri khas dari pertunjukan mereka. 

Di Desa Sumberpasir sendiri terdapat beberapa grup kesenian yang aktif dan turut memperkaya kehidupan budaya masyarakat setempat. Maheso Sumber Arum adalah salah satu dari beberapa grup kesenian Bantengan yang berada di Dusun Ngrangin Desa Sumberpasir Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Maheso Sumber Arum tumbuh di tengah masyarakat Dusun Ngrangin bukan hanya sekadar grup penampil pertunjukan, tetapi juga sebagai wadah untuk merangkul dan menjembatani tali persaudaraan masyarakat Dusun Ngrangin.

Maheso Sumber Arum sering hadir dan menampilkan pertunjukan mereka pada perayaan adat, festival kebudayaan hingga acara acara penting lainnya. Pada saat pementasan, terdapat tahapan tahapan yang akan dilalui, mulai dari ritual dan persiapan sandingan, lalu dilanjutkan dengan pementasan dan atraksi-atraksi. Pada tahap kedua ini, pementasan akan terasa semakin menarik ketika mencapai fase “kalap”, yaitu fase ketika pemain yang bertanggung jawab mengendalikan kepala banteng mengalami kesurupan oleh arwah leluhur Banteng. Ditambah dengan antusiasme penonton yang mencoba menarik perhatian para pemain dengan membunyikan siulan-siulan. Satu grup  bantengan biasanya menampilkan pertunjukan mereka dengan durasi kurang lebih selama 1 jam dan kemudian dilanjutkan oleh grup yang lain.  

Harga yang ditetapkan Maheso Sumber Arum untuk satu kali penampilan cukup terjangkau, dengan kisaran mulai dari Rp. 1.000.000 - Rp. 2.000.000 Penetapan harga ini memperhitungkan berbagai faktor termasuk keragaman tarian dan atraksi yang nantinya akan ditampilkan dalam pertunjukan. 

 

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:

WhatsApp: +62 85606340049 (Bp. Doni)

Instagram: @msa_ngrangin

Facebook: MAHESO SUMBER ARUM ORIGINAL

Youtube: MAHESO SUMBER ARUM OFFICIAL