UMKM di Dusun Botoputih (Juni-Juli 2023)

  • Jul 13, 2023

Berikut merupakan UMKM yang terdapat di Dusun Botoputih, Desa Sumberpasir, Kecamatan Pakis (Data pengambilan dari Juni-Juli 2023).


  1. Sablon Papan Data
    Sablon Papan Data
    Jenis usaha Papan Data Malang ini merupakan UMKM yang memproduksi sablon papan data, papan tulis, map (untuk upacara), dan selempang (untuk upacara, wisuda, dll) yang didirikan secara pribadi sejak tahun 2013 oleh ayah dari Ani Yulia Putri. Usaha ini mulai berproduksi pada pukul 07.30-16.00 WIB. Proses produksi dari usaha papan data ini yaitu dengan membeli melamin, kemudian digergaji dan dibersihkan. Lalu, diblok dan diberikan warna. Setelah mengering, selanjutnya yaitu dihitamkan. Setelah itu, diberikan bingkai/pigura dan dipacking menggunakan kardus agar tidak mudah pecah. Pemasaran dilakukan secara online, baik Shopee (CahyraOlshop), Tokopedia (CahyraOlshop), Instagram (@papandatamalang), Facebook (Papan data malang), Whatsapp (08970564736).

    Usaha papan data ini berkembang dengan pengiriman hingga luar Pulau Jawa, seperti Bali, Mataram hingga Papua. Proses pembayaran dapat dilakukan secara online. Untuk produk yang dapat dikustom hanya banner dan stiker dengan durasi produksi yaitu selama satu pekan.

    Target pasar usaha ini adalah sekolah-sekolah mulai PAUD hingga SMA. Konsumen dapat melakukan pembelian secara langsung di tempat produksi hingga pengantaran. Jenis papan terdapat lebih dari 300 jenis papan data, seperti papan absensi, administrasi, bank sekolah, dll. Pengembangan dan perluasan UMKM ini dilakukan dengan strategi khusus, seperti mengunggah produk di sosial media. Kendala yang didapati yaitu ketika permintaan meningkat, pemilik merasa kewalahan. Oleh sebab itu, harapan dari usaha ini untuk yaitu dapat terus berkembang dan menambah karyawan untuk membantu pemilik menyelesaikan orderan dari konsumen.

     

  2. Frozen Food H&S

    H&S merupakan UMKM yang bergerak di bidang kuliner frozen food yang didirikan oleh Bapak Muhammad Said sejak tahun 2011. Produk ini diolah dengan cara digoreng dan dikukus. UMKM ini memiliki keunggulan dari usaha lainnya seperti cita rasanya yang lebih sedap.

    Produk frozen food ini hanya dipasarkan secara offline di daerah Malang Raya. Produk dijual secara langsung kepada agen, kemudian dijual kembali untuk memperluas pasar. Pembelian produk ini juga melayani secara ecer dengan harga yang berbeda dari agen. Pengiriman dilakukan secara terjadwal dengan cara mengonfirmasi kembali konsumen yang sudah menjadi pelanggan. Produk yang dihasilkan setiap harinya berbeda, sebanyak empat jenis, yaitu tahu isi, siomay, sate dan tahu kotak. Dengan penjualan terlaris yaitu tahu kotak dan sate.

    Penjualan seorang agen biasanya bisa menjual hingga 150-200 pcs lebih. 
    Pegawai yang dipekerjakan pada UMKM ini yaitu sebanyak 12 orang dari masyarakat setempat. Kendala pemasaran online produk frozen food seperti pengiriman jarak jauh yang mengharuskan untuk membekukan produk. berbeda dengan pengiriman di daerah Malang Raya yang masih bisa diproses secara Cash On Delivery (COD). Harapan dari usaha ini yaitu memperbaiki strategi pemasaran yang masih monoton/kurang diperbarui. Konsumen dapat melakukan pemesanan melalui Whatsapp (088803460301).

     
  3. Donat Arina

    Donat Arina merupakan UMKM kue dan donat yang didirikan pada tahun 2010 oleh Bapak Maslukin. Proses produksi dari donat ini menggunakan adonan yang sama, dengan topping yang berbeda seperti donat meses, donat keju, donat pupur, donat strawberry, dan donat tiramisu. Begitu juga dengan roti berisi abon yang bagian luarnya dilapisi dengan tepung roti. Donat Arina berbeda dengan donat lainnya, karena memiliki tekstur yang empuk dan harga yang sangat terjangkau.

    Donat Arina ini dapat dibeli secara offline pembayaran tunai. Produk best seller dari usaha ini adalah donat pupur yang dibandrol dengan harga Rp. 1.000. Donat Arina buka mulai pukul 09.00-16.30 WIB. Usaha untuk mempertahankan usaha yang telah dirintis ini, pemilik memiliki strategi khusus yaitu dengan mempertahankan rasa dan kualitas yang baik. Donat Arina menerima pemesanan melalui via Whatsapp (085933099607). Pemilik memiliki harapan untuk usaha Donat Arina ini agar dapat membuka cabang.

     
  4. Rapi Mebel

    Rapi Mebel merupakan UMKM yang bergerak di bidang interior sejak tahun 2008 oleh Bapak Harianto. Produk yang diproduksi bisa custom sesuai dengan permintaan dari konsumen, seperti lemari pakaian, kitchen set, mini bar, backdrop TV, dan lainnya. Bahan produk yang digunakan berasal dari HPL dengan beragam bentuk permukaan, seperti semi gloss, solid, motif tekstur kayu atau motif timbul, doff (matte), dan glossy yang dapat dijadikan pilihan sesuai dengan kebutuhan desain rumah.

    Pemasaran dilakukan secara offline dan online. Pemesanan secara online dapat dilakukan dengan menghubungi melalui Whatsapp (083895487703), Tokopedia (Rapi Mebel Malang), dan Instagram (@rapi_mebel). Pembayaran hanya menerima tunai, jadi ketika terdapat permintaan yang masuk, uang diterima ketika pesanan telah sampai di tempat tujuan. Harapan dari usaha ini yaitu semakin maju dan banyak pesanan.

     
  5. Produsen Tempe

    Pak Fauzi memiliki usaha tempe yang sudah dijalankan sejak tahun 1997. Tempe yang diolah Pak Fauzi prosesnya mungkin sama dengan tempe lainnya yaitu perendaman, penggilingan, pencucian, perebusan, pendinginan, penambahan ragi, pengemasan dan fermentasi, yang diproses selama 4 hari. Perbedaan dari usaha lainnya adalah bahan yang digunakan. Disini Pak Fauzi mengolah tempe murni menggunakan kacang kedelai saja tidak ada campuran lainnya. Pak Fauzi mengolah tempe ini diproduksi sendiri tanpa adanya karyawan, hanya dibantu dengan istri dan anaknya.

    Kendala yang dari usaha ini adalah sepinya pembeli, apabila telah melewati pukul 08.00 tempe tidak laku, cuaca yang kurang baik juga membuat kualitas tempe menurun. Pak Fauzi ini memasarkan tempenya dengan cara berkeliling mulai dari pukul 05.30 - 09.30 WIB dan menerima pesanan melalui Whatsapp Pak Fauzi (0881026596912).