Acara Pembukaan dan Penerimaan Mahasiswa KKN Reguler UM oleh Desa Sumberpasir

  • SUMBERPASIR.PAKIS
  • Jul 22, 2023

Malang – Kasi Pemerintahan Desa Sumberpasir resmi melaksanakan pembukaan dan penerimaan mahasiswa KKN Reguler Universitas Negeri Malang Tahun 2023. Acara tersebut dilaksanakan di Aula kantor Desa Sumberpasir, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Rabu (14/06/2023).

Pembukaan dan penyambutan mahasiswa KKN diselenggarakan di Balai Desa Sumberpasir. Acara tersebut disambut dan dihadiri oleh Kasi Pemerintahan sebagai perwakilan Kepala Desa, perangkat desa, Bapak Eka Pramono Adi, S.IP., M.Si selaku Dosen Pembimbing Lapangan. Beberapa anggota dari komunitas juga turut hadir dalam pelaksanaan acara ini, seperti karang taruna Karya Alam dan Kelompok Informasi Desa Maju Sumberpasir (KIM D’DMAS). Kegiatan KKN ini dilaksanakan sejak  14 Juni – 28 Juli 2023.

Acara pembukaan dan penerimaan mahasiswa KKN Reguler UM diawali dengan pembacaan susunan acara dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, dilanjutkan sambutan dari Dosen Pembimbing Lapangan berupa maksud dan tujuan dari pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk menyumbangkan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh di bangku perkuliahan. 

Sesi selanjutnya dilanjutkan dengan sambutan dari Kasi Pemerintahan, Luqman Ghozali, yang menerima dengan tangan terbuka atas kedatangan mahasiswa KKN di Desa Sumberpasir. Harapan dengan hadirnya mahasiswa KKN UM di tengah-tengah masyarakat Desa Sumberpasir dapat membantu dan bekerja sama dalam rangka pengembangan potensi desa, sehingga adanya kerja sama ini dapat bermanfaat bagi seluruh pihak yang terkait dan permasalahan dapat teratasi. Beliau juga menyampaikan harapan agar para mahasiswa KKN merasakan kenyamanan selama berkegiatan di Desa Sumberpasir. Rasa nyaman akan memperbesar peluang keberhasilan program kerja dan dapat mengatasi permasalahan di desa ini.

Setelah berlangsungnya sambutan dari DPL dan Kasi Pemerintahan, dilanjutkan dengan pemaparan rencana program kerja. Program tersebut telah dirancang oleh mahasiswa KKN UM dari beberapa permasalahan yang terdapat di desa ini. Acara pembukaan dan penerimaan mahasiswa KKN UM ini diakhiri dengan sesi foto bersama dengan perangkat desa dan anggota dari beberapa komunitas. Dengan adanya acara ini, diharapkan dapat menjalin silaturahmi yang baik antara mahasiswa, perangkat desa, dan masyarakat setempat, sehingga dapat saling kolaborasi untuk mengatasi permasalahan di Desa Sumberpasir.