Posyandu Edukasi Stunting Desa Sumberpasir : Mahasiswa KKN Hadirkan Pemateri Langsung Dari Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Malang

  • SUMBERPASIR.PAKIS
  • Aug 06, 2024

Edukasi stunting ini dilakukan pada hari Rabu 8 Juli 2024 pada pukul 09.00-12.00 WIB bersamaan dengan posyandu desa di Dusun Boto Putih, Desa Sumberpasir Pakis. Penyuluhan edukasi stunting ini dilaksanakan dengan khidmat dan lancar. Diawal acara pembukaan yang disampaikan oleh rekan Mahasiswa KKN UM .

Kemudian di lanjut oleh ibu ketua TP PKK Desa Sumberpasir ibu Indah Pribadi S.Psi penyampaian tentang Edukasi Gizi Balita dan Dampak gizi buruk balita terhadap tumbuh kembang anak di usia emas. Golden age adalah periode yang sangat penting dan perlu diperhatikan khusus oleh orang tua.

Pada golden age otak bertumbuh secara maksimal, begitu pula pertumbuhan fisik. Berbagai masalah yang terjadi akibat kurangnya pemenuhan kebutuhan anak pada masa golden age adalah seperti adanya gangguan kognitif, stunting atau perawakan pendek, serta adanya keterlambatan bicara maupun gangguan perilaku. Maka, penting bagi orang tua untuk mengenal tiap tahapan golden age anak serta memberikan perlakuan dan stimulasi yang sesuai.

Disesi akhir terdapat materi inti yang disampaikan oleh dosen Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Malang yakni ibu Dessy Amelia S.Keb Bd M.Kes terkait Edukasi Stunting dikarenakan desa Sumberpasir mengalami krisis stunting yang berada di zona merah terutama pada balita dan anak. Target dari penyuluhan edukasi stunting ini ialah ibu hamil dan ibu balita. Dengan adanya program kerja KKN edukasi stunting dan demo masak dari mahasiswa Universitas Negeri Malang diharapkan wawasan ibu hamil dan ibu balita bertambah tentang pentingnya nilai gizi dan asupan gizi baik bagi ibu hamil dan balita sehingga terciptanya kurs gizi balita diatas batas ambang yaitu gizi balita berada di zona hijau di Desa Sumberpasir.

Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Kader yang telah mengizinkan dan mendukung terlaksananya kegiatan edukasi stunting ini. Terima kasih juga kami sampaikan kepada Ibu-Ibu PKK yang telah menghadiri dan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Selain itu, kami juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Dessy Amelia S.Keb Bd M.Kes, selaku dosen Fakultas Kedokteran, yang telah menyempatkan waktunya untuk memberikan edukasi Stunting yang sangat berharga dan bermanfaat bagi kami semua