Pembacaan Maulid Simtutdhuhror di Dusun Krajan, Desa Sumberpasir

  • SUMBERPASIR.PAKIS
  • Jul 22, 2023

Pada rabu malam kamis, 5 Juli 2023, Majelis Maulid Wat Ta´lim Riyadlul Jannah Kordes Sumberpasir mengadakan acara rutinan yang bertempat di Musholla Al-Muslimin RT 01 RW 01 Dusun Krajan, Sumberpasir, Pakis, Kab.Malang. Untuk memeriahkan acara ini, sebelum maulid dimulai terdapat penampilan Marching Band Sumberpasir. Warga yang hadir tidak hanya dari warga Desa Sumberpasir saja, namun juga warga dari desa lain di Kecamatan Pakis.

Kegiatan ini merupakan acara rutinan bulanan yang diadakan di lingkup Desa Sumberpasir. Warga sangat antusias untuk menghadiri acara ini. Kepala Desa Sumberpasir juga turut hadir pada acara ini. Acara rutinan ini juga bersamaan dengan agenda peresmian Musholla Al-Muslimin.  Mauidzoh Hasanah pada acara kali ini yakni beliau Habib Taufiq Baraqbah. Adanya Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari Universitas Negeri Malang dan Universitas Brawijaya juga turut menghadiri acara ini.

Dilansir dari Laduni.id, Majelis Maulid Wat Ta'lim Riyadlul Jannah adalah majelis pembacaan maulid simthuduror yang dikarang oleh Al Habib Ali bin Muhammad Bin Husin Al Habsy yang dirangkai dengan majelis ta’lim. Berawal dari isyaroh yang didapatkan oleh sang pengasuh yaitu KH. Abdurochim Syadzily yang mana sebelumnya beliau telah mengadakan majelis manaqib Syech  Abdul Qodir Al Jailani yang telah berjalan kurang lebih 1 tahun. Beliau mendapat isyaroh bermimpi ziarah ke makam Nabi Muhammad SAW. 

Dari awal persiapan hingga pelaksanaan, Kordes Desa Sumberpasir di Krajan bekerja keras agar acara berjalan lancar dan semarak. Beberapa panitia acara dibentuk untuk mengurus semua hal yang diperlukan, mulai dari dekorasi, penyediaan konsumsi, hingga mengundang tamu kehormatan. Acara diawali dengan pembacaan surat Al-Fatihah dan pembacaan ayat suci Al-Qur'an, kemudian dilanjut dengan sambutan oleh ketua Kordes Sumberpasir Majelis Maulid Wat Ta'lim Riyadlul Jannah dan Kepala Desa Sumberpasir yang mengapresiasi semangat kebersamaan masyarakat dalam melestarikan tradisi religi ini. Setelah sambutan selesai dilanjut dengan acara inti. Acara inti dari Silaturahmi Majelis Maulid Wat Ta'lim Riyadlul Jannah ini adalah pembacaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Selain pembacaan maulid nabi, ada juga tausiah yang diisi oleh Habib Taufiq Baraqbah. Dalam tausiah ini masyarakat diajak untuk merenungkan pentingnya ajaran Nabi Muhammad SAW dalam melaksanakan ibadah Haji dan Umroh. Suasana meriah dan penuh kearifan semakin terlihat saat seluruh jemaah bersama-sama membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Acara diakhiri dengan doa bersama. Acara rutinan Maulid Wat Ta'lim Riyadlul Jannah pada Rabu malam Kamis 5 Juli 2023 berlangsung sukses, lancar dan penuh berkah. Rutinan ini dimanfaatkan sebagai sarana untuk mempererat silaturahmi antar warga. Semangat kebersamaan warga desa Sumberpasir di Dusun Krajan diharapkan dapat terus melestarikan tradisi religi ini dan menjadi kebanggaan bagi seluruh warga setempat. Semoga acara rutinan ini dapat terus terlaksana karena dapat mempererat tali silaturahmi antar warga, serta menghidupkan nilai religi islam dalam kehidupan masyarakat Desa Sumberpasir.